Yup, akhirnya saluran pembuangan RaouL “dioperasi” juga. Sebenernya sayang melakukan ini, tapi kalo cuma “diobatin” doang, biayanya malah bisa lebih gede, nah kalo didiemin, yang ada performa RaouL malah kurang memuaskan. Jadi pilihan satu-satunya buat RaouL adalah operasi.
Btw, ini operasi apa sih? Operasi leher knalpot om. Jadi, leher knalpot ori RaouL akhirnya gw relakan untuk dipotong dan diganti sama leher knalpot custom dua step. Berhubung waktu operasi gak bawa kamera, terpaksa pas udah kepasang aja difotonya.
Nah, setelah selesai dipasang, tidak bisa dipungkiri bahwa aksel RaouL mengalami peningkatan (pake filing bukan dyno). Dan ketika mesin berputar di kisaran 4500 s.d. 5000 RPM, tenaga RaouL semakin oke, kayak dijambak, walau bukan dijambak setan. Dan catatan, setelah ganti leher kagak dilakukan jetting ulang, cuma nyetel pilot screw doang.
Dari sisi suara, suara silent khas knalpot Pulsar tetap ada, tapi sekarang ada tambahan sedikit dentuman (ngebas) tipis. Ini mungkin karna lehernya udah ngeplong. Oh, iya, walau udah ganti leher, tapi arah buangan angin dari knalpot tetep lurus, kagak amburadul.
Nah, PR-nya sekarang adalah gimana caranya emisi gas buang dari knalpot ini bisa tetep ramah lingkungan. Mungkin saatnya menghubungi orang-orang yang berkompetan untuk masalah ini.

Beginilah penampakan keseluruhan, leher terlihat lebih cungkring ketimbang orinya. Soalnya yang ori ada pembungkusnya lagi.
Btw, leher knalpot ini bikin dan pasang di Flash Custom Muffler. Harganya berapa? Kebetulan kemarin dapet harga spesial dari om Bejo, tapi dari info om Bejo, harga untuk bikin dan pasang leher knalpot di sana itu sebesar Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Exhaust tech nya dihilangin kah?
pasti om, kan temboloknya ngikut di leher orinya..
hmm… perbedaan torsi di putaran bawah ada perubahan kah? Aq jg ada keinginan untuk ganti leher kenalpot, tp masih eman sama exhaust tec nya..
ada om, itu di tulisan ku udah aku ungkap semua efek dari penggantian leher ini. aku juga eman jan2e, tapi piye meneh, gemrincing je. ini udah yang ketiga kalinya..
weleh2…kok boros amat sampe operasi 3 kali?
http://setia1heri.wordpress.com/2012/03/06/logo-its-dijiplak-cuk/
operasinya baru sekali ini kang, yang 3 kali itu ngelas knalpot yang gemerincing..
OOO…kirain smpe gnti 3 kalee..hehehe
cukup sekali aja om..
tapi tetep kepikiran buat benerin leher orinya terus dipasang lagi..
mantaf masbro… aku juga pingin ke flash, utk bikin copy-an knalpot Abbys ku ini, spy dibikin lebih rapi dan lebih kinclong… karna knalpot Abbys udah mulai karatan disana-sini, tapi soal performa meningkatkan power mesin, aku enggak komplen sama sekali…
smoga Flash bisa ya, membuat copy-an knalpot Abbys, dng ukuran yg plek persis, cuma bahannya lebih bagus dan kinclong…
wah, kayaknya kalo ukuran pipanya rada susah om, tapi coba aja kontak om bejo atau dateng langsung om, sapa tau mereka bisa mengusahakan..
si gambot baru sekali las untuk mengobati gemerincing , jumlah lasan 3 titik dan alhamdulillah belum kumat lagi . . .
250.000 termasuk murah tuh
keep brotherhood,
salam,
siap2 ngelas lagi om, biasanya kalo udah sekali dilas, pasti bakalan lepas lagi. solusi kalo pengen tetep pake leher ori, bagian yang mengarah ke mesin di potong terus bagian yang sering lepas di cabut dan disambung pake pipa baru yang langsung ke ex mesin.
nanti dari pipa baru disambung ke leher orinya deh..
ooh Raoul itu nama motornya thow 😀
o ya tanya, habis operasi ada pengaruhnya ga bro ama konsumsi bbm Raoul
ho’oh..
konsumsi BBM belom keliatan om, soalnya isi tangki belom abis, tar kalo abis baru ketauan deh..
gak diganti yg baru aj bro..
harganya mahal om, di kisaran 2,2 jt..
T_T
Solusinya cakep, kalo udah 3x di las artinya enough… That’s it, no way out, harus ganti, hehehe… Pzoo ku dulu dilas utk yg ke 4x nya tp lgsg dijual 😛
terus sekarang ganti pake 220 ye..
cakep buanget dah..
Heheh…pulsar saya malah bikin knalpot racing di flash custom hasilnya mantab mas,suara adem akselerasi mantab.
wuih, mantab kalo gitu..
Raoll lebih ganteng dari yg naek yak??..xixiixx 😆
*mblayuuu buanteerrr
tumben blog komen mu di tangguhkan om..
pantes, komen nganggo akun FB