RaouL Terpaksa “Operasi” Saluran Pembuangan


Yup, akhirnya saluran pembuangan RaouL “dioperasi” juga. Sebenernya sayang melakukan ini, tapi kalo cuma “diobatin” doang, biayanya malah bisa lebih gede, nah kalo didiemin, yang ada performa RaouL malah kurang memuaskan. Jadi pilihan satu-satunya buat RaouL adalah operasi.

RaouL sebelum leher knalpotnya dioperasi.

Btw, ini operasi apa sih? Operasi leher knalpot om. Jadi, leher knalpot ori RaouL akhirnya gw relakan untuk dipotong dan diganti sama leher knalpot custom dua step. Berhubung waktu operasi gak bawa kamera, terpaksa pas udah kepasang aja difotonya.

Leher custom dua step sebagai pengganti leher ori si RaouL.

Nah, setelah selesai dipasang, tidak bisa dipungkiri bahwa aksel RaouL mengalami peningkatan (pake filing bukan dyno). Dan ketika mesin berputar di kisaran 4500 s.d. 5000 RPM, tenaga RaouL semakin oke, kayak dijambak, walau bukan dijambak setan. Dan catatan, setelah ganti leher kagak dilakukan jetting ulang, cuma nyetel pilot screw doang.

Dari sisi suara, suara silent khas knalpot Pulsar tetap ada, tapi sekarang ada tambahan sedikit dentuman (ngebas) tipis. Ini mungkin karna lehernya udah ngeplong. Oh, iya, walau udah ganti leher, tapi arah buangan angin dari knalpot tetep lurus, kagak amburadul.

Nah, PR-nya sekarang adalah gimana caranya emisi gas buang dari knalpot ini bisa tetep ramah lingkungan. Mungkin saatnya menghubungi orang-orang yang berkompetan untuk masalah ini.

Beginilah penampakan keseluruhan, leher terlihat lebih cungkring ketimbang orinya. Soalnya yang ori ada pembungkusnya lagi.

Btw, leher knalpot ini bikin dan pasang di Flash Custom Muffler. Harganya berapa? Kebetulan kemarin dapet harga spesial dari om Bejo, tapi dari info om Bejo, harga untuk bikin dan pasang leher knalpot di sana itu sebesar Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

24 thoughts on “RaouL Terpaksa “Operasi” Saluran Pembuangan

  1. Jeskoneng berkata:

    mantaf masbro… aku juga pingin ke flash, utk bikin copy-an knalpot Abbys ku ini, spy dibikin lebih rapi dan lebih kinclong… karna knalpot Abbys udah mulai karatan disana-sini, tapi soal performa meningkatkan power mesin, aku enggak komplen sama sekali…

  2. Jeskoneng berkata:

    smoga Flash bisa ya, membuat copy-an knalpot Abbys, dng ukuran yg plek persis, cuma bahannya lebih bagus dan kinclong…

  3. si gambot baru sekali las untuk mengobati gemerincing , jumlah lasan 3 titik dan alhamdulillah belum kumat lagi . . .

    250.000 termasuk murah tuh

    keep brotherhood,

    salam,

    • siap2 ngelas lagi om, biasanya kalo udah sekali dilas, pasti bakalan lepas lagi. solusi kalo pengen tetep pake leher ori, bagian yang mengarah ke mesin di potong terus bagian yang sering lepas di cabut dan disambung pake pipa baru yang langsung ke ex mesin.

      nanti dari pipa baru disambung ke leher orinya deh..

  4. redbike92 berkata:

    ooh Raoul itu nama motornya thow😀
    o ya tanya, habis operasi ada pengaruhnya ga bro ama konsumsi bbm Raoul

  5. rangs berkata:

    Solusinya cakep, kalo udah 3x di las artinya enough… That’s it, no way out, harus ganti, hehehe… Pzoo ku dulu dilas utk yg ke 4x nya tp lgsg dijual😛

  6. satria_bajahitam berkata:

    Heheh…pulsar saya malah bikin knalpot racing di flash custom hasilnya mantab mas,suara adem akselerasi mantab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s