Kenapa Cakram?

Yes, saya bahas rem aja, soalnya gak suka disko. Oke, bahasan kali ini adalah lebih ke soal kenapa saat ini orang lebih memilih Rem Cakram ketimbang Rem Tromol, padahal sama-sama pakem.

T: Ah, masak sama pakemnya?

J: Baca di mari dulu dah. Intinya, tromol sama cakram itu sama-sama pakem, cuma tekanannya yang harus beda. Kalo cakram gak perlu tenaga lebih, tapi kalo tromol, wajib tenaga lebih, nih ada penelitiannya.

T: Tapi di penelitian itu dibilang cakram lebih pakem dari tromol.

J: Baca dulu kenapa bisa terjadi, itu terjadi karna beban yang dipake buat neken tuas rem sama beratnya. Kan tadi dah gw bilang, kalo tromol mau pakem, ya tekanannya dilebihin dikit. Udah ye, kagak kelar-kelar nih tulisannya.

Masi inget ini kan? Perbedaan rem cakram dan rem tromol dari sisi penampilan.

Baca lebih lanjut

Rem Cakram Lebih Pakem dari Rem Tromol? HOAX

Entah kenapa akhir-akhir ini kalo ada yang underestimate rem tromol gw rada sensitip, mungkin motor gw masih rem tromol belakangnya. Bahkan sebelum tulisan yang ini, pernah ada tulisan yang ngebahas soal rem cakram dan rem tromol di artikel yang lain (baca di sini). Emang bedanya apa sih rem cakram ama rem tromol? Nih, cek aja.

Perbedaan rem cakram dan rem tromol dari sisi penampilan.

Baca lebih lanjut