PRIDES Subang Track Day 2 – Trail Braking


Seminggu yang lalu PRIDES kembali menggelar PRIDES Subang Track Day untuk yang kedua kalinya, tepatnya tanggal 29 September 2012. Rencananya acara atau kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap dua bulan sekali. Track day kali ini diadakan hanya satu hari, yaitu Sabtu saja, soalnya hari Jumatnya masih pada kerja. Ini adalah rangkaian dari track day yang sebelumnya, cek di sini.

Om Redha naek si Lexi.

Sesuai namanya, maka acara ini diadakan di Sirkuit Gery Mang, Subang. Dan walaupun bertajuk PRIDES Subang Track Day, seperti biasa, latihan ini bebas untuk siapa saja yang mau ikutan. Selain temen-temen PRIDES, ada juga temen-temen dari COIN yang ikutan.

Yang terasa sedikit spesial pada track day kali ini adalah kehadiran mas Julianto, mas Agus, dan om Nova. Ternyata mereka cuma pengen nonton dan setelah itu mau pentur di Subang.

Mas Juli, Mas Agus, Kang Dadang, dan Om Nova

Sesi Pagi

Setelah sampe di sirkuit, ternyata di sana udah ada Mas Lulus, Kotjok, Reda, ama om Woko. Temen-temen yang udah gak sabar langsung siap-siap buat turun ke lintasan, kalo gw, ngopi, ngerokok, plus ngobrol-ngobrol dulu, deg-degan euy.

Gak berapa lama ternyata Kang Adie nongol, say hai dan langsung turun ke lintasan, sebelomnya pinjem knee protector Kang Adie dulu, hehehehe.

Pas udah masuk lintasan, gw pelan-pelan memacu tunggangan, tujuannya biar apal trek + manasin ban. Setelah di rasa cukup, maka lanjut hajar gas, tapi seperti biasa, di Sirkuit Subang kagak bakalan bisa high speed.

Jadi sesi pagi ini bisa dibilang sesi pemanasan sekaligus sesi review atas apa yang udah diperoleh di track day sebelomnya. Ya, bersyukur di sesi pagi ini apa yang udah gw pelajari bisa gw terapin secara perlahan. Dan yang paling seneng adalah, ketika masuk pit dan minta evaluasi dari Kang Adie, ternyata dia bilang gw udah banyak peningkatan, dan gak bisa dipungkiri kalo gw seneng banget, senengnya itu kayak anak SD yang dibeliin sepatu baru. Yakin dah.

Setelah istirahat sejenak, lanjut lagi masuk ke lintasan. Kali ini coba nerapin evaluasi dari Kang Adie soal BoPos (Body Positioning). Ternyata setelah diterapin, apa yang dibilang Kang Adie bener, dan bonusnya adalah bisa nidon (kneedown). Padahal awalnya gak ada niat untuk nidon, tapi ternyata kalo BoPos bener, secara otomatis kita bakalan bisa nidon sendiri.

Di sesi pagi ini, gw turun lintasan sebanyak tiga set, lupa satu setnya berapa lap.

Sesi Coaching

Disesi coaching ini, Kang Adie melakukan evaluasi, evaluasinya adalah semua sudah ada peningkatan (yang yang sesi pertama ikutan). Terutama udah bisa kontrol emosi. Setelah itu, Kang Adie membebaskan temen-temen yang mau nanya. Nah pertanyaannya kebanyakan dari sisi BoPos.

Selain itu Kang Adie juga rajin ngingetin, “Cornering itu bukan Kneedown, Cornering itu bagaimana masuk tikungan dengan benar, kneedown cuma bonus.

Mas Lulus lagi jadi model.

Trail Brake

Setelah evaluasi dan coaching singkat, akhirnya dapet ilmu baru lagi, TRAIL BRAKING. Apa itu trail braking? Kalo kata Kang Adie, sebelum masuk tikungan kita ngerem perlahan sampe masuk tikungan. Begitu racing line ama BoPos udah bener, pelan-pelan lepas rem sembari pelintir gas.

Dengan teknik ini, kita bisa FAST IN, FAST OUT.

Sesi Sore

Nah, setelah dapet pengetahuan soal trail braking, akhirnya kita semua turun sirkuit lagi buat nyoba. Ada yang bersemangat, ada yang masih malu-malu, dan ada yang ragu-ragu. Tapi buat gw sendiri, ternyata bener, trail braking emang lebih efektif dan efisien untuk di tikungan, fast in fast out.

Walau emang belum sempurna, tapi dasar dari trail braking udah bisa diterapin. Next PRIDES Subang Track Day teknik ini harus diperdalam.

Foto-foto

Silakan dinikmati foto-fotonya.

Its me.

Me again, hehehehe…

Biarin yang narsis gw aja, yang laen, klik aja gambar di bawah yak, hehehehe…

Pulang

Nah, setelah semua selesai mencoba akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Gw sendiri mampir dulu di Sate Marangi Purwakarta, biasa oleh-oleh buat bini.

Sampai ketemu di PRIDES Subang Track Day 3.

“Fungsi Kneedown adalah untuk mengetahui seberapa miring motor Anda dan untuk menjadi sumbu putar/pivot ketika berada ditikungan yang sempit. Tapi kalo cuma mau ngejar Kneedown doang, mending motor ceperin + velg kecilin.”

Foto-foto diambil dari:

Thanks to:

  • Allah SWT yang memberikan rizki kesehatan dan keselamatan.
  • Istri tercinta yang udah ngijinin.
  • PRIDES yang udah jadi tempat kita cipika-cipiki.
  • Kang Adie, Mas Lulus, Om Reda, ama Om Woko yang udah mau sharing ilmu lagi.
  • Kang Dadang, Mas Julianto, Mas Agus, dan Om Nova yang dah mampir menjenguk kita-kita sebelum pentur.
  • Kang Suud dan team P2C yang dah nemenin dari Sirkuit Subang sampe nemenin maem di Sate Marangi.
  • Semua pihak yang udah ngedukung acara ini.

2 thoughts on “PRIDES Subang Track Day 2 – Trail Braking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s