Mengenal Accu Pulsar (Cara Mengisi Air Accu di Accu Pulsar)


Emang accu Pulsar itu kayak apa sih kok perlu kenalan segala? Bukannya sama aja ya ama accu-accu yang lain? Pada dasarnya sama, yang namanya accu, ya, begitu, tapi kan jenis accu ada banyak, ada yang basah dan ada yang kering atau biasa disebut accu MF (maintenance frre).

Accu basah Yuasa (dari google).

Accu kering Yuasa (dari google).

Nah, kalo accu Pulsar kayak gimana? Nih plototin gambarnya.

Aki varian Pulsar yang maintenance free.

Nah, di situ terlulis “Maintenance Free”, tapi, pada kenyataannya, accu Pulsar tidak Full Maintenance Free. Lho, kenapa begitu? Karena walaupun maintenance free, tapi di badan aki masih ada tulisan “Max” dan “Min” sebagai penanda ketinggian air accu. Lha terus accu Pulsar itu accu kering apa basah? Jawabnya, KAGAK PENTING. Yang penting, kita paham karakter accu Pulsar biar perawatannya tepat guna.

Batas min dan max pada accu Pulsar.

Kekurangtauan pemilik Pulsar biasaya jadi penyebab umur accu jadi lebih pendek. Karena menganggap maintenance free, akhirnya kagak pernah ngecek ketinggian air accu, alhasil, soaklah accu-nya. Pernah ada teman yang motornya kagak bisa starter dengan tanda-tanda accu gak bisa ngangkat starter motor. Setelah gw tanya, ternyata dari pertama dia punya Pulsar, air accu nya kagak pernah dicek dan diisi lagi. Gw saranin buat nyari tukang cas/charge accu, dan ternyata analisis gw bener, itu accu airnya udah di bawah batas “Min”. Akhirnya diisi air accu lagi dan dicas, hasilnya, starter motor kembali “greng”.

Nah, sebenernya karakter accu Pulsar itu kayak apa sih? Karakter accu Pulsar itu accu basah tapi minim perawatan. Kok bisa begitu? Soalnya, penguapan airnya sangat minim dibanding accu basah pada umumnya. Kalo di accu basah ada selang pembuangan, nah, di accu Pulsar ini gak ada, adanya lubang pernafasan. Kalo kita gulingkan, air accu gak akan keluar lewat lubang itu, tapi keluar dari lubang sealer. Nah, inilah yang bikin accu Pulsar gak perlu sering-sering nambah air.

Lubang pernapasan dan sealer lubang pengisian air accu.

Trus, gimana cara ngerawat accu Pulsar? Buat ngerawat accu Pulsar gampang, tiap dua bulan sekali cek ketinggian airnya, kalo kurang, tambahin. Nah, kalo kita rutin ngelakuin ini, accu pasti awet, dengan catatan, gak banyak tambahan aksesoris kelistrikan ya. Kalo aksesoris kelistrikan banyak gimana om? Ya pengecekannya harus lebih sering, misalnya jadi sebulan sekali.

Berikut ini tahap-tahap ngisi air di accu Pulsar. Intinya sih sama, kalo aki basah itu harus buka tutup lubang pengisian, ini cuma ngebuka sealer doang. Cekebrot ya ….

Lepas accu dari motor dan lihat ketinggian air accu.

Buka sealer penutup lobang pengisian air accu dengan cara ditarik.

Setelah sealer kebuka, seperti ini lah lubang pengisian air accu.

Isi lagi airnya pake yang botol (tutup botol) warna biru, jangan yang merah.

Setelah diisi, tutup kembali sealer lubang pengisian air accu.

Accu siap dipasang lagi di motor.

Setelah terpasang kembali dengan manis di motor.

Semoga share karakter accu Pulsar dan cara pengisian air accu ini bermanfaat.

NB: accu gw udah berumur 2 tahun 9 bulan dan KM 58.000 +, dan sampe sekarang masih berfungsi dengan baik.

77 thoughts on “Mengenal Accu Pulsar (Cara Mengisi Air Accu di Accu Pulsar)

  1. robo berkata:

    setelah 3 tahun. akhirnya aki ane soak… mo nyoba tak kuras trus dicas dulu. xixiixxii
    mumpung ada engkolnya. wkwkwkkwk

  2. RGoh berkata:

    yup pengalaman saya juga tuh….kirain setiap servis tu beres bakal ngecek n nambahin tanpa harus di suruh, setelah sadar ternyata udah terlambat, air accu tingga seperempat!!
    n baru nyadar juga accu pulsar ini rada susah diliat ketinggian airnya….
    padahal harusnya ni accu kuat banget….

      • robo berkata:

        aki mobil juga susah liatnya. tapi kali diintip pake cahaya, keliatan siluet. wkwkwkwk…
        tapi mending ane intip dari lobang atas. keliatan kan.. asal sel masih kerendem air berarti OK. xixixixixi….

  3. funkademics berkata:

    kirain musti kenalan bagaimana…taunya sama aja kek aki aki lain..
    kurang di tambahin…ya sejak jaman dinosaurus kalee..wkwkwkw
    ga menarik ah…aki saya neh…saya elus elus tiap minggu awet deh…:P

  4. smile4me berkata:

    punyaku sudah jebol mas….soalnya ane gak ngerti kelistrikan sama sekali
    tiap ane tanya ke beres…”mas ini akinya gak ditambahi airnya tah”, jawab mekaniknya mesti “tenang ae, aki pulsar gak perlu diisi…masih banyak kok airnya”….dan gak pernah dicek lagi.
    walhasil, aki baru diisi lagi setelah 2th….dan akhirnya sekarang (setelah 2 tahun 7 bulan) aki ane sudah sakau….siap2 dah ane ganti aki :sad:

  5. Niksen berkata:

    umur aki gw 4 taun 1 bulan lebih… sekarang dah nunjukin tanda2 mau pensiun… air aki posisi aman (antara min max), udah dicas tapi tetep cepet soak. Arus n tegangan pengisian ok. Untung masih punya engkol, kalo ga sering2 dorong nih….

  6. ajatramahwanto berkata:

    Om nanya dong, saran dari Om sendiri agar mengisi air aki setiap 2 bln skali, nah klo motor pzzo ane sering dtinggal slama 2-3 mggu, apakah karna sering dtinggal air aki bakalan berkurang jg gk sebanyak pemakaian harian biasa yg brarti saya mesti ngisi tiap bulan skali jg?

  7. J.A.P berkata:

    om hansip yang baik dan tidak pelit ilmu,
    terima kasih sebelumnya atas info yg sangat bermanfaat ini.

    dan aku ada pertanyaan seputar air accu nih.

    1. aku mau tanya, apa perbedaan air accu merah dan air accu biru..? (ada 2 jeniskan..?)
    2. pulsarku sudah memasuki 1 tahun, apakah boleh jika air accu di isi ulang yg baru, jadi gak usah di tambahkan..

    terima kasih om..

    j.a.p

    • hahaha.. bisa aja..
      gw coba bantu jawab yak..

      yang merah itu biasanya disebut air accu ZUUR, diisinya pas pertama kali bali accu. Nah, kandungannya itu asam sulfat buat mengikat setrum.
      kalo yang biru, itu biasanya air murni, air putih tapi yang udah dimurnikan, jadi gak ada kandungan mineralnya. nah, yang ini buat nambahin doang.

      boleh aja om kalo mau diisi ulang baru. tapi pake yang biru aja ya, jangan yang merah. soalnya kalo nambahin pake yang merah, tar kelebihan sulfat..

  8. travalgar.san berkata:

    Kenapa artikel ini baru ada n baru ane baca sekarang??:((

    Aki pies ane baru setaon udah mokat..ga bisa dipake buat starter..kata mekanik udah lemah..lagi nabung buat beli yang baru…

    but..

    Nice inpo…:)

  9. Jeskoneng berkata:

    sekedar share ilmu perawatan aki (mobil/motor) pada umumnya .. kmaren kan beli aki baru Yuasa 10A utk si Bj (karna lebih gede dari aki std Pulsar, perlu memodif ruang tempat aki di bawah sadel),. tapi si tukang akinya bilang, perawatan aki itu memang bener perlu penambahan air aki setiap 2 bulan sekali.. tapi selain itu, katanya, setiap 4-5 bulan perlu pengurasan aki, dengan cara membuang air aki, mengisinya dengan air mineral bersih, aki dikocok2, airnya dibuang, isi air lagi, dikocok2 lagi, buang, dst sampai air yg dibuang terlihat jernih bening… barulah diisi dng zuur (air aki yg berlabel merah), lalu dicas sampai tester menunjukkan strum-nya cukup… jika kita kurang waktu, atau gak yakin bisa melakukannya, atau gak punya tester utk mengukur daya aki, mending prosedur pengurasan dan charging aki itu ditangani oleh tukang aki yg sdh pengalaman..

    • terima kasih sharenya om..

      berarti kalo dikocok2 gitu berarti buat ngilangin sulfatnya, ya om? kalo sulfatnya ilang, berarti emang harus diisi sama air aki yang ZUUR biar ada sulfatnya lagi. karna sulfat sifaktnya mengikat listrik..

      sekali lagi terima kasih om..

      • Niksen berkata:

        setau gw sih kalo aki pernah dikuras umurnya ga akan lama, soalnya terjadi oksidasi pada pelat2 logam di dalamnya. Asalnya kan terendam asam, nah pas cairan asam itu dibuang, si plat2 logam itu bereaksi sama udara. Pas direndam lagi sama asam, pelat2 itu udah “rusak” jadi umurnya ga akan lama. Katanya sih paling cuma 1-3 bulanan.

  10. ooo ini om ade aka hansip tohh… kmren abis chat sm baqi/benu ngomongin kelistrikan, mo naekin performa motor tapi tanpa maen terlalu dalam di mesin (maklum nubie ga ngerti mesin X_X). ktnya cb konsul sm om ade. hwehhee…
    ga enak nanya2 dsni, jd msh pelajarin thread om jes tentang “Langkah2 dlm meningkatkan Performa Pulsar”…
    nice inpoh om, lgsg cek tkp ahh, apakah air aki berkurang byk ato nggak. hwehhee…

  11. harya berkata:

    pulsar 200 ku tiba tiba ga bisa di starter (cuman bunyi kretekkkk kretekkk) sebelumnya ga ada tanda tanda aki lemah tapi setelah saya cek aki air udah kering kerontang (di buka tutupnya di balik/dijengking pun air dah ga keluar) 99% pikirku penyebabnya itu, dengan pEdE nya aku beli aki baru ke bengkel harganya 250rb terus ku pasang aki itu….alhasil ternyata sama saja ga bisa di starter malah aki baru jadi panas banget, stress jadinya truss coba ku dorong ternyata ga bunyi juga trss coba panggil tetangga suruh ndorongg ehhhh ga nyala juga…knapa yaaa.

  12. NiksenH berkata:

    aki gw setelah 4 taun 2 bulan, ternyata beneran menta pensiun. Udah di cas ulang, dikuras, tetep aja cuma bertahan 2 jam. Dari 13.88Volt drop jadi 10.2 10.3 volt
    Kemaren diganti pake aki GS, semoga aki gw awet, ga ngikut kasus yang cuma 3 bulan…

  13. NN berkata:

    MAsBro….
    Aki ane bru 1 tahun 2 bln dah SOak ni….

    @ada indikasi Penukaran Aki saat servis Sich… :P

    buat Semua Kasih tanda Aki ny…..
    Biar gak ky pny ane….

    mau cari info ni…
    yg Bagus di Ganti AKi Apa ya ???
    Pulsar 180 UG4….

    • akinya dituker? emang pas service kagak diliatin?
      biasanya sih mekanik pada gak ngecek air aki kalo gak kita minta, makanya aki jadi soak karna keabisan air..

      aki ori UG4 sebenernya bagus asal ngerawatnya bagus, tapi harga yang bikin keuangan rada gak bagus. paling kalo mau ganti, bisa beli GS..

  14. Anang berkata:

    Untuk Harya, saya juga mengalami hal yang sama….distart tetapi hanya bunyi cetek2/kretek2…. pengalaman hanya dengan menggerakkan motor sedikit ke depan dan dicoba distarter lagi… selama ini selalu berhasil….

  15. Akhyar berkata:

    Gan gua mau nyak nih?
    saya punya Pulsar P200
    batre basah nya kok gak pada ngisi ya?
    udah ada 3 batre basah saya, bawaan pulsar airnya lupa dicek jadi kering gan kemudian rusak dehh, terus gua beli batre GS gan, pertama sih lancar jaya gan, tapi 2 minggu kemudian ngedrop gan, saya coba tanya ke ahli batre katanya sih untuk pengapian bajaj ane oke2 aza, terus mereka bilang batre gs ane yang bantet gan, karna gak percayanya ane ke service bajaj resmi, terus mereka sarankan ke saya ganti regulatornya gan, tapi gak juga ngisi batre GS nya.
    ter akhir gua cari cara baru lagi, gue beli tuh batre GS satu lagi, jadi batre GS ane ada dua gan,
    dan pertanyaan KENAPA BATRE GS ane yang dua nasip nya juga sama GAK NGISI ALIAS NGEDROP GAN?
    kalau ane beli batre bawaan pulsar gimana gan?
    apa jelas bakalan ngisi atau bakalan batrenya ngedrop lagi gan?
    MOHON PENJELASAN DARI SUHU RIDER BAJAJ PULSAR

  16. ricky berkata:

    bro mau tnya ne kmrn ane bli aki gs trus sdah 2 bln mke aki na tkor trus pulsar 200 dtsi ane ngk mau d stater klakson pun ngk kuat stiap 6 hri skli aki hrus d cas trus regulator sm relay stater da d gnti bru tlng ksi solusi na

    • cek spulnya juga om..
      karna pengisian aki itu bergantung sama dua barang, kiprok/regulator dan spul. kalo aki dan kiprok OK, ada kemungkinan spul pengisian yang udah lemah/rusak..

  17. bluma berkata:

    bro yang baik hati dan tidak sombong, ane mau tanya nih
    sebenernya fungsi aki di setrum itu untuk apa sih? ada saran ga buat aki pies berapa bulan sekali di setrum?

    makasi ya gan infonya mantap

    • aki distrum itu sebenernya untuk mengembalikan daya yang ada di dalam aki, sebenernya aki gak di cash juga gak papa asal pengisian dari motornya stabil. tapi kalo memang mau melakukan pengecasan ulang, coba lakukan tiap 6 bulan sekali. dateng aja ke tukang aki buat dicek sekaligus di cas om..

      makasih.

  18. wisnoe berkata:

    wah untung baca tulisan ini.. langsung cek aki dan hasilnya setelah 2 tahun = kering bgt, pantesan simbol aki di speedometer kedip2 hehe..
    mudah2an sembuh p180 ku..
    makasih om ade..

  19. bogelz berkata:

    om,aku mo tanya nih,mudah2an ada pencerahan.pies ku sebulan yg lalu tiba2 mogok,pengapian hilang.kubawa ke bengkel,setelah dicek pulser yang koit.begitu diganti,yg entah pulser motor apa,bisa jalan lagi.sekitar dua minggu motor mogok lagi saat jalan,kulihat sekring putus,lalu kuganti langsung putus lagi.kubongkar tangki kulepas kabel kontak tdk konslet.begitu kusambung soket kontak konslet lg.kucoba tanpa sekring cdi panas kayak air mendidih.kulepas cdi tdk konslet,kupasang cdi,dan soket kontak, tp soket spul ku lepas tdk konslet.padahal kabel kuperiksa masih bagus semua.apa mungkin krna ganti pulser bs menimbulkan konslet?apa yg kiranya rusak diantara komponen tsb,cdi,atau spul?.FYI didaerahku dah gak ada dealer bajaj.tlg pencerahanya om..

  20. tiar berkata:

    asselekum pak mau tanya.sudah seminggu klo pagi pulsar180 ug4 sy susah bunyi suara krek-krek klo distater tangan nanti stater dorong baru mau bunyi atau obeng dilengketkan pada alat dekat aki (yg bentuknya bulat memiliki 2 baut) atau dicas akinya br bunyi tp keesokan paginya kembali lagi susah untuk bunyi.solusinya gmn pak?

    • kalo kayak gitu, coba cek baut di aki dan di bendiknya (yang bentuknya bulet). kalo bautnya kenceng, berarti harus cek dari sisi pengisian. kalo kasusnya kayak gini antara aki atau regulator.

  21. meatlover berkata:

    motor saya juga di stater bunyi kretek2 di bendik doang tapi ga mau nyala2 kira2 kenapa ya? tapi itu klo lagi dingin doang, klo dah panas normal lagi

  22. fajar berkata:

    info dr pengalaman : klo ikon aki muncul terus menerus , jangan langsung ganti aki baru , cek regulator / kiprok nya biasanya itu penyebab ikon aki muncul terus menerus karena aki tidak mengisi dan tidak kuat starter (terdengar krek krek di bagian bawah tanki). ganti kiprok yang baru , merek varroc Rp. 110.000,-

  23. lufthie rosidy berkata:

    om..mudah2n msh aktif di blognya…ane mau tanya nih ane pake p200 klo sikring putus trs knp y?ada mslh dmn y?setiap hbs jln psti lngsng mati ga mau di kontak..nanti hbs di ganti sikring bru bs nyala lg tp klo udh di matiin lngsng pts sikringny..klo mau nyala y hrus di ganti lg sikringnya..itu kira2 knp y?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s