Ada yang Salah Kalau Rem Belakang Tromol?


Entah kenapa setelah baca kalimat “sayang rem belakang masih tromol” di salah satu artikel di internet, keinginan untuk nulis langsung muncul.

Rem belakang cakram di motor.

Rem belakang tromol di motor.

Seperti gambar di atas, drum brake atau yang biasa dikenal dengan rem tromol adalah rem yang bekerja karena ada gesekan antara sepatu rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda (disadur dari wikipedia). Sedangkan rem cakram adalah perangkat pengereman yang bekerja dengan cara menjepit cakram yang dipasangkan pada roda kendaraan (disadur dari wikipedia).

Dari kedua definisi yang ditulis, kedua perangkat ini hanya memiliki perbedaan dari segi cara kerja dalam mengurangi kecepatan laju kendaraan, lalu apa “kesalahan” rem tromol sehingga selalu dipandang sebelah mata? Jelek? Kuno? Kurang pakem?

Jelek? Itu relatif, masing-masing orang punya pandangan masing-masing. Kuno? Hahahaha…, noh, yang pada pake motor tua kagak dibilang bilang “kuno”? Kurang pakem? Sapa bilang, pakem atau kagak itu tergantung yang nyetel, lagian, rem belakang emang dibuat bukan buat pakem kok.

Jadi, ada yang salah kalo rem belakang tromol?

*semua gambar dari google

Iklan

23 respons untuk ‘Ada yang Salah Kalau Rem Belakang Tromol?

  1. secara tampilan memang lebih sangar cakram om, tapi kalau modif sendiri ane belum berani bertaruh keselamatan hanya untuk tampilan .
    temen ane thundie nya dimodip cakram belakang tapi sering ngempos ( yang kw barang kali ya ? )

    keep brotherhood,

    salam,

    • yup, secara tampilan memang cakram lebih oke, tapi bukan berarti tromol gak oke. yang jadi kesel adalah selalu kalo ada motor baru yang nongol trus rem belakangnya tromol kebanyakan media selalu bilang, “sayang rem belakangnya masih tromol”, so what gitu lho..

  2. Salaam!

    Ane pake motor hadul jenis wek-wek-wek alias bebek, masih pake tromol jee, alhamdulillah gak masalah meski sekarang lagi muacet; jadi ngeremnya pake aje rem depan, dan pernah ngejeblak kaki-tangan sebagian luaecet2, akibat jalan alternatp dr beton bukan aspal berserakan PASIR.

    Lha, ape lagu tuh TROMOL Pos di era 1980-an??? Ndak pernah ada CAKRAM Pos kan? BTW, dulu, kembali dr Amrik ane beli mobil juadul tenan, PEUGEOT 504 (BUKAN 405!) aseli PERANCIS; jadi roda belakang pake REM Cakram! Engga tahu dgn punya kawan kita TORRY – ngganteng – Parantoro yg juga saat itu Peugeot 504 warna biru yg menurutnya RODA gilanya dia kikis jd menipis. Lha larinya bener2 macam setan kuencengnya! Tapi, kudengar dr teknisi, roda gila dikikis agar lebih tipis jadi LOYO buat nanjak! Kali mobil jadul ane itu masih ada di BINTARO Sektor 1 atau 2. Mobil FAVORIT itu saya hadiahkan — GRATIS — kepada kawan muda saya waktu itu krn ybs menolak kubayar kontrak rmhnya selama enam bln. Warna coklat.

    BTW lagi, krn ketika ngeGoogle nama Bung Torry Parantoro sy dapetin BLOG ini, tolonglah yg tahu e-mail Torry, pliiz FORWARD this, and Salaam to him and his wife Jeng Dini (?), Danke!

  3. Niksen berkata:

    asal rem tromolnya pakem (bukan gampang ngunci tapi..) sah2 aja pake tromol… tapi kalo ga pakem? mending ganti cakram… bukan ngejar gengsi, gaya, ato modern, tapi keamanan waktu driving…
    lah kalo cakram sama2 ngloyor? ya buang aja remnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s