Entah kenapa setelah baca kalimat “sayang rem belakang masih tromol” di salah satu artikel di internet, keinginan untuk nulis langsung muncul.
Seperti gambar di atas, drum brake atau yang biasa dikenal dengan rem tromol adalah rem yang bekerja karena ada gesekan antara sepatu rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda (disadur dari wikipedia). Sedangkan rem cakram adalah perangkat pengereman yang bekerja dengan cara menjepit cakram yang dipasangkan pada roda kendaraan (disadur dari wikipedia).
Dari kedua definisi yang ditulis, kedua perangkat ini hanya memiliki perbedaan dari segi cara kerja dalam mengurangi kecepatan laju kendaraan, lalu apa “kesalahan” rem tromol sehingga selalu dipandang sebelah mata? Jelek? Kuno? Kurang pakem?
Jelek? Itu relatif, masing-masing orang punya pandangan masing-masing. Kuno? Hahahaha…, noh, yang pada pake motor tua kagak dibilang bilang “kuno”? Kurang pakem? Sapa bilang, pakem atau kagak itu tergantung yang nyetel, lagian, rem belakang emang dibuat bukan buat pakem kok.
Jadi, ada yang salah kalo rem belakang tromol?
*semua gambar dari google
saya ngeremnya pakai sandal jepit mas…ehhhhhh
tak kiro nganggo bakiak..
g masih cinta rem belakang tromol, masih enak walau kadang nyelong. entah kapan ganti disk belakang ya.
sama…
gak terlalu ribet..
msh tromol, takut ngunci klo pake diskbrake, ato emank gw kampungan yah xixixi….
mo ganti rem mobil aja ah……ato rem truk…wkwkwwk
saya ndak suka pake rem 😛
setia dengan tromol…
secara tampilan memang lebih sangar cakram om, tapi kalau modif sendiri ane belum berani bertaruh keselamatan hanya untuk tampilan .
temen ane thundie nya dimodip cakram belakang tapi sering ngempos ( yang kw barang kali ya ? )
keep brotherhood,
salam,
yup, secara tampilan memang cakram lebih oke, tapi bukan berarti tromol gak oke. yang jadi kesel adalah selalu kalo ada motor baru yang nongol trus rem belakangnya tromol kebanyakan media selalu bilang, “sayang rem belakangnya masih tromol”, so what gitu lho..
Salaam!
Ane pake motor hadul jenis wek-wek-wek alias bebek, masih pake tromol jee, alhamdulillah gak masalah meski sekarang lagi muacet; jadi ngeremnya pake aje rem depan, dan pernah ngejeblak kaki-tangan sebagian luaecet2, akibat jalan alternatp dr beton bukan aspal berserakan PASIR.
Lha, ape lagu tuh TROMOL Pos di era 1980-an??? Ndak pernah ada CAKRAM Pos kan? BTW, dulu, kembali dr Amrik ane beli mobil juadul tenan, PEUGEOT 504 (BUKAN 405!) aseli PERANCIS; jadi roda belakang pake REM Cakram! Engga tahu dgn punya kawan kita TORRY – ngganteng – Parantoro yg juga saat itu Peugeot 504 warna biru yg menurutnya RODA gilanya dia kikis jd menipis. Lha larinya bener2 macam setan kuencengnya! Tapi, kudengar dr teknisi, roda gila dikikis agar lebih tipis jadi LOYO buat nanjak! Kali mobil jadul ane itu masih ada di BINTARO Sektor 1 atau 2. Mobil FAVORIT itu saya hadiahkan — GRATIS — kepada kawan muda saya waktu itu krn ybs menolak kubayar kontrak rmhnya selama enam bln. Warna coklat.
BTW lagi, krn ketika ngeGoogle nama Bung Torry Parantoro sy dapetin BLOG ini, tolonglah yg tahu e-mail Torry, pliiz FORWARD this, and Salaam to him and his wife Jeng Dini (?), Danke!
siap om, akan saya sampaikan..
kebetulan saya sering ketemu sama om Torry…
ngak ada yg salah, klo salah dipenjara ..:)
siiipppp, ulasane puedess
tapi gak bikin moncor kok…
motorku sudah double drum brake….
tetep make tromol..
pokoknya menunjang keselamatan riding ajah om
http://setia1heri.wordpress.com/2011/12/30/istimewanya-orang-gendut/
asal rem tromolnya pakem (bukan gampang ngunci tapi..) sah2 aja pake tromol… tapi kalo ga pakem? mending ganti cakram… bukan ngejar gengsi, gaya, ato modern, tapi keamanan waktu driving…
lah kalo cakram sama2 ngloyor? ya buang aja remnya
ngapain sih kentcang2, enakan biasa2 aja, ga slow ga ngebut, nikmatin kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemaraaaaa
mobil aja tromol koq
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/05/oleh-oleh-khas-jogja-bakpia-pathuk/