Servis Besar Kedua RaouL di Abbys (Part 1,5)


Lho, kok part 1,5? Ya gimana ya, soalnya janjinya part 2 itukan setelah balancer dan leher knalpot kepasang, tapi berhubung leher belom kepasang dan balancer udah, ya dibikin part 1,5 aja. Kenapa gak tunggu ampe pasang leher knalpot? Kelamaan, tangan udah gatel nulis + blog udah lama gak ada tulisan baru, garing dah.

Leher knalpot buatan kang Adie buat si RaouL.

Akhirnya RaouL mendapatkan balancer baru tapi seken. Tapi jangan salah, biar seken, masih muyus. Dapet dari mana? Dari temen FB yang kebetulan jual seken, dia udah ganti balancer, penyebabnya apa? Entahlah, cuma dia yang tau. Oh, iya, balancer yang harga barunya dijual Rp156.000, kali ini gw bisa beli seharga Rp75.000. Sangat murah kalo liat kondisi balancernya, masih putih, kalo udah lama warnanya agak kuning.

Balancer seken yang gw dapet mirip kayak yang ada di gambar. (gambar dari google)

Pas hari Sabtu (21 April 2012) akhirnya balancer dipasang, tentunya gw gak masang sendiri soalnya gak punya tools. Jadi pembongkaran dan pemasangan diserahkan ke om Teguh Ontha. Kebetulan beliau bisa dipanggil untuk serpis di rumah, hehehehe …. Ternyata perkiraan gw bener, balancer si RaouL udah minta ganti, walau belom rompal (sampe abis) tapi gear balancer udah pada coel/bopak (bahasa Indonesianya kagak ngarti), jadi gak ada salahnya diganti.

Setelah pergantian balancer, ternyata performa RaouL meningkat lagi, dan “jampi-jampi” PnP Abbys pun bisa dirasakan. Lho, kok bisa? Ya entah, yang jelas, sewaktu pulang dari Bandung RaouL cuma maen di RPM 4.500 s.d. 5.000, bisa sih diajak lebih kenceng lagi, cuma geternya minta minum, eh, minta ampun. Selain getaran, tenaga yang dihasilkan juga kayak ketahan, bener-bener ketahan, kayak narik tronton di belakang motor (agak lebai dikit, :p). Udah ketahan leher knalpot, eh ketahan balancer, ya sudah, lengkaplah.

Btw, kok bisa gak bener om masang balancernya? Ya, kalo gw sih maklum, ketika gw memutuskan untuk PnP dan servis besar di Abbys, gw udah siap untuk kondisi yang seperti itu (ketika harus bongkar balancer). Kenapa begitu? Karna om Adie, bosnye Abbys, belom punya kunci balancer, jadi wajar. Toh setelah balancer bener, motor ku jadi banter (kenceng) kok, hehehe …. Wah seneng kenceng ya om? Kagak, itu biar kalimatnya lebih enak dibaca aja.

Jadi, gimana hasilnya PnP-nya om? Seperti yang gw bilang di part 1, motor lebih bertenaga. Cuma sayangnya gw hanya bisa maen di RPM 4.500 s.d. 5.000 karena getaran yang menganggu. Jadi gw belom bisa eksplore di RPM lebih tinggi lagi.

Nah, di part 1,5 ini, setelah balancer ganti dan disetting dengan benar, gw jadi bebas maen di RPM berapapun (gw cuma max RPM 8.000). Dan benar saja, hasil PnP Abbys bener-bener bisa “dicumbu” dengan leluasa, dan yang bisa disampaikan adalah, aksel RaouL meningkat dan pencapaian kecepatannya pun lebih cepat dibanding sebelum PnP. Ini yang gw suka dari PnP-an om Adie di RaouL, aksel meningkat tapi smoth, kagak nyentak, ini yang gw cari. Cuma saat ini masih ada yang rada ngganjel, dari tenaga yang dihasilkan, masih ada tenaga yang ketahan, kalo kata kang Adie, itu faktor knalpot. Nah, semoga setelah ganti leher knalpot, “penyakit” ini akan sembuh.

Harapan gw, semoga kang Adie segera mendapatkan kunci balancer sehingga nantinya temen-temen yang serpis dan harus stel balacer tetep bisa ditangani balancernya. Amiiiiiiiiiiiiinnnnnn ….

So, tunggu part 2-nya, ya ….

10 thoughts on “Servis Besar Kedua RaouL di Abbys (Part 1,5)

  1. wabbitlover berkata:

    kunci balancer itu termsk SST (special service tool) bajaj.. bisa dikopi kok.. btw, mustinya bengkelnya mas Adie bisa aja menjadi bengkel binaan dealer Bajaj Jabar, kayak bengkelnya Rial Hamzah yg adalah binaannya BAS tapi punya MOU dengan JAR Samanhudi jugak.. sehingga Rial bisa beli spareparts dng diskon 10 atau 15%, dan bisa mendapatkan beberapa SST yg dibutuhkan oleh sebuah bengkel Bajaj Pulsar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s