Terlambat Bayar Pajak, Polisi Tidak Boleh Bertindak


Wah, maksud dari judulnya apa tuh om? Maksudnya, kalo ada razia dan ternyata ada pengendara yang kedapatan terlambat membayar pajak tahunan kendaraan bermotornya, maka Pak Polisi TIDAK BOLEH MENILANG pengendara tersebut. Inget, TELAT BAYAR PAJAK kendaraan, bukan TELAT MEMPERPANJANG STNK. Kalo STNK tidak diperpanjang, silakan tangkap sekalian Pak, itu namanya motor/mobil BODONG.

Pajak tahunan kendaraan yang harus dibayarkan tiap tahunnya (Pulsar).

Jadi, kebetulan pagi ini ada sebuah tautan dari kang Dadang ama om Vankaoy soal telat bayar pajak tapi ditilang.

Info via FB dari Kang Dadang ama Om Vankaoy.

Nah, begitu dibuka, ternyata isinya adalah curhat seorang pengendara yang ditilang gara-gara telat bayar pajak. Baca aja ya curhatannya mas Riyan dari Yogyakarta.

Surat aduan versi lengkapnya.

Di dalam surat itu pun pihak kepolisian menyatakan bahwa POLISI TIDAK BOLEH MENINDAK/MENILANG, karena untuk keterlambatan pembayaran pajak yang berwenang melakukan penindakan adalah DISPENDA (Dinas Pendapatan Daerah), untuk link-nya, klik di sini. Nah, jadi jelas bahwa Pak Polisi TIDAK BOLEH MENILANG pengendara yang telat membayar pajak tahunan kendaraan bermotor.

Saran saya, monggo diprint curhatan mas Riyan ini, sapa tau ada yang kelupaan bayar pajak, jadi pas ada Polisi “Nakal” yang mau memanfaatkan situasi tinggal kasih liat curhatan ini deh. Tapi saran saya, sebagai pengendara yang baik ya harus taat membayar Pajak. Mosok beli motor bisa bayar pajak gak bisa. Bayar pajak cuma sebentar kok, malah di drive thru gak lebih dari lima menit, paling yang lama ngantrinya.

Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Terlambat Bayar Pajak, Polisi Tidak Boleh Bertindak

  1. travalgar.san berkata:

    Wah..artikel yang bagus om..saya juga sering ngasitau teman2 kalo telat bayar pajak motor, Polisi tidak bisa menilang dengan alasan tersebut karna itu adalah urusan kita sama dispenda..nice article..

  2. ezraaaa berkata:

    masalahnya yang bikin males bayar,, kudu bawa2 bpkb.. nah masalahnya lgi ane belum lunas kreditnya,, sedangkan petugas samsatnya ga mau pake surat leasing… soo ???? bingungkan,, niat bayar pajak,, tapi ga boleh krn ga ada bpkb..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s