Mungkinkah DUKE Dipasarkan KAWASAKI


Kalo liat dari judulnya, kok kayaknya aneh ya. Kenapa begitu? Karena DUKE atau KTM gak ada hubungannya sama Kawasaki, kalo DUKE sama BAI masih mungkin, betul? Betuuuuuuuullllllll. Tapi tar dulu, kok kowe ngomongin DUKE om? Yang laen kan lagi ngomongin P200NS. Ya biarin aja, kalo sama semua tar gak asik. Udah, jangan cerewet, mau nulis dulu.

Bajaj memiliki kerja sama dengan KTM dan Kawasaki.

Sesuai judul, “mungkinkah DUKE dipasarkan Kawasaki?” (jadi inget lagunya salah satu grup band…) Jawabnya, MUNGKIN. Lho kok bisa gitu? Sekarang apa yang gak bisa dilakuin di Indonesia? Wong part pesawat terbang aja pernah dijiplak kok. Betul? Betuuuuuuuulllllllll….

Jadi gini, dari analisis asal-asalan gw, mungkin saja DUKE dipasarkan oleh Kawasaki, kenapa? Karena ada silsilah yang bisa menyatukan saudara jauh ini, berikut penjelasannya.

Dulu, Bajaj sempet berguru dengan Suzuki, entah kenapa akhirnya kerja sama ini putus di tengah jalan. Akhirnya Bajaj berguru dengan Kawasaki yang (kayaknya) berjalan sampai saat ini. Dari kerja sama ini sudah banyak produk yang dihasilkan, bahkan Bajaj akhirnya membeli eliminator dan direbrand menjadi Avenger. Bahkan, kalo gak salah, Pulsar itu juga salah satu akibat kerja sama antara Bajaj dan Kawasaki.

Kerja sama Bajaj dan Kawasaki ini bisa kita lihat di web Bajaj Auto. Pada web tersebut, disamping menjual motor bikinannya sendiri, Bajaj juga menjual “Ninja”, ya, sepeda motor bikinan Kawasaki.

Bajaj menjual Ninja (Kawasaki).

Dan di Pilipina, Kawasaki juga menjual produk bikinan “Tuan Takur” ini. Namun, ketika masuk ke Pilipina, namanya berubah menjadi Rouser. Cek aja di web Kawasaki Pilipina.

Web Kawasaki Pilipina.

Pulsar pun menjadi Rouser. Gambar adalah Rouser 220S

Nah, sekarang, Bajaj bekerja sama dengan KTM, bahkan, Bajaj memiliki 39% saham KTM. Dari kerja sama ini sudah lahir KTM DUKE 200 dan Pulsar 200 NS (mesin NS basisnya mesin KTM). Dan di web Bajaj Auto pun terpampang tulisan “KTM”. Dan sama-sama sudah kita ketahui, bahwa di India, DUKE 200 akan dipasarkan oleh Bajaj.

Bajaj pun memasarkan produk KTM, DUKE 200.

Nah, dari keterkaitan ketiga pabrikan ini, tidak ada salahnya DUKE dipasarkan di Indonesia melalui Kawasaki. Coba perhatikan beberapa poin berikut ini.

Pertama, Bajaj memiliki kerjasama dengan Kawasaki dan KTM. Jadi tidak ada salahnya Bajaj menggandeng Kawasaki Indonesia untuk memasarkan DUKE 200. Istilahnya makelar lah.

Kedua, Kawasaki menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan BAI. Bukan bermaksud menjelekkan, tapi dari sisi 3S Kawasaki jelas lebih siap dibandingkan BAI. Kalau nanti BAI udah siap, tinggal di oper deh.

Ketiga, bisa dibilang Kawasaki adalah ATPM yang bermain di konsumen segmented. Ya, liat saja produk full fairing yang dulu diprediksi kagak cocok di Indonesia, ternyata Kawasaki berani “membrojolkan” Ninja 250 dan ternyata malah jadi idola. Jadi rasanya cocok kalau DUKE 200 dipasarkan via Kawasaki.

Jadi mungkin saja kan DUKE dipasarkan KAWASAKI?

13 thoughts on “Mungkinkah DUKE Dipasarkan KAWASAKI

  1. travalgar.san berkata:

    Bah…kalau bener jadinya kawasaki..jadi mahal nih ntar harganya…

    *Keep Safety Riding in Brotherhood Spirit

  2. arif rakhman berkata:

    39% belum menjadikan BAL mayoritas di KTM, jadi sepertinya belum bisa mendikte KTM. apalagi dengan Kawasaki hanya sebatas berguru, bukan mengakuisisi…. jadi mustahil sangat terjadi

  3. analisis asal-asalan memang asal ..

    Kawasaki – KTM itu musuh bebuyutan bro .. Mereka itu sgt konsentrasi bgt di segmen motocross .. Jd ga mungkin lah mereka bergabung ..

    Analisis ngaco-ngacoan:mrgreen:

  4. good day berkata:

    Kyax bsa djual sm kawasaki soalx klo bajaj yg megang akan terjadi perang saudara Xcd/ P135-duke 125, p200ns-duke 200, yg pasti akan dmenangkan oleh ktm. Klo untuk dkawasaki duke 125 n 200 akan melengkapi varian cc dkawasaki n duke versix jga naked bike’ sedangkn kawasaki yg beredar sekarang yg ada nin 150 r, 150 rr 2 tak, n klx 150 versi trail, klx 250 versi trail 4 tak. yg jelas beda aliran n penggemar. toh mereka bekerja sama selama ini menjadi 3 serangkai. Jika djual kawasaki maka akan menjadi: kawasaki duke 200, dbanding bajaj duke 200, untuk pengucapanx n didegar’ lebih enakan kekawasaki kyax??? Yg jelas jika kawasaki mega duke, mka secara tdk langsung akan melengkapi varian cc n versi kawasaki. tentux kawasaki imezx sebagai motor sport akan tambah kental. Mantaaap,,,,,gmn???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s