Kalau Gak Siap Mental, Jangan Beli Pulsar


Dunia tulis menulis di blog saat ini sedang gempar masalah STNK, Jaket, dan Helm dari salah satu pabrikan. Yap, pabrikan mana lagi kalau bukan BAJAJ. Kenapa gampar? Karna ada salah seorang konsumen yang menulis soal ketiga hal yang tadi disebutkan. Pertama, lamanya STNK (dijanjikan 3 mingguan, tapi sampai lebih dari 5 minggu belom kelar) dan kedua helm dan jaket yang tidak disertakan ketika unit dikirim.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ATPM yang satu ini sangat “unik”. Mulai dari desain motornya sampai ke spare partnya. Dan salah satu ke-“unik”-annya adalah lamanya pembuatan STNK. Bagi konsumen biasa (gak punya jaringan internet) memang tidak aneh kalau dia jadi marah dan bahkan mencak-mencak nyamperin dealer tempat dia beli motor, tapi kalo konsumen yang punya jaringan internet? Ya, seharunya dia sudah tau informasi itu dan bisa mengantisipasinya.

Tapi ya sudahlah, semua sudah terjadi. Nah, ada sedikit informasi yang mungkin bisa dijadikan acuan buat siapa saja yang mau beli motor keluaran Bajaj dengan nama Pulsar (entah Pulsar 135LS, 180 UG4, atau 220F).

P220F, idola baru dari Pulsar Series. (gambar dari mbah google)

Pertama, body yang gak center. Periksa dengan teliti body kendaraan yang mau dibeli. Biasaya ada kemiringan di chasis motor, cuma hal ini belom tau penyebabnya apa, bisa jadi karna pengiriman. Cara ngeceknya, cek antara tangki bensin dengan jok motor lurus atau gak. Trus cek juga kemiringan chasis belakang, caranya cek celah antara behel dengan body, usahakan kiri dan kanan celahnya sama.

Kedua, STNK PULSAR itu LAMA. Saat ini, rata-rata STNK Pulsar itu 2 bulan, jadi kalau ada yang janji 3 minggu, jangan dipercaya. Dulu, jaman gw beli P200, STNK Mio adek gw itu jadinya 4 hari sedangkan P200 gw 2 minggu. Nah, sekarang, Mopang lokal aja ada yang 1 bulan, jadi wajar kalau Pulsar 2 bulan.

Ketiga, soal mekanik, no comment soal yang ini. Gw sendiri dah gak pernah serpis di BERES ketika kepala mekanik sebuah BERES langganan keluar dan pindah ke tempat lain (cuma 7 kali serpis di BERES; 4 gratis, 3 bayar). Dan kalau masalah mekanik BERES, kayaknya gak cuma si BAJAJ doang yang bermasalah, ATPM lain pun ada yang bermasalah dengan BERES-nya.

Keempat, susah nyari sparepart Pulsar. Selain sparetpart Pulsar itu masih IMPOR, kadang BERES males nyetok sparepart, makanya kadang part kosong atau harus inden. Trus, kenapa BAI gak bikin di lokal aja? Udah pernah nanya, jawabannya populasi Pulsar belom besar di Indonesia, kalau mereka produksi di lokal yang ada mereka bisa rugi. Kan kalau bikin cuma sedikit, biaya produksi bisa tinggi. Selain itu, Pulsar kan produk global, jadi kualitas dan material harus sama, karna itu mereka masih impor.

Kelima, helm dan jaket yang gak jelas. Nah, untuk urusan yang satu ini, silakan tanya sama dealer yang bersangkutan.

Ya, lima masalah utama itu lah yang akan dihadapi konsumen ketika beli si Pulsar. Jadi, kalau gak siap sama kondisi itu, jangan pernah beli Pulsar, gampang kan? Dan sekedar saran, jangan pernah terlalu percaya sama janji manis SALES apapun.

46 thoughts on “Kalau Gak Siap Mental, Jangan Beli Pulsar

  1. iGeekz berkata:

    dulu…sebelom beli…ane udah cari2 info di internet…jadi ga kaget😀

    masalah jaket ato helm, ane ga dapet apa2…lagian ane ga pusing2 amat…percuma…pasti ga kepake sama ane….beda ukuran😀

  2. darkwolf berkata:

    dulu beli p200 , dapet jaket murahan ama helm full face murahan juga , STNK mungkin hampir 2 bulan keluarnya dulu xixixixixi

  3. Setuju mas Bro… jangan beli pulsar kalau mental nggak siap dan nggak berani tampil beda, jangan sekali-kali punya mindset seperti beli mopang; sparepart gampang or 3s OK, harga jual tinggi , komunitas banyak de el el… tapi sekali anda duduk diatasnya ? he..he..he… kayak kang Dadang SPC tuch…

    • ada jga tuh mopang yang gak nurut ama mindset sparepart gampang (nungguin sokbreker sebulan lebih, nungguin standar tengah berminggu2), 3S OK (nyari beres susahnya bukan main), harga jual tinggi (untuk yg ini gak perlu dipertanyakan yah:mrgreen: ), komunitas banyak (gak sebanyak mopang lain)

      SUZUKI:mrgreen:

  4. ibanez_15 berkata:

    Stnk ane Dulu 1 bulan lewat 2 minggu..
    Kalo soal helm langsung dapat..Dan langsung
    Berada di tong sampah si Tukang jualan helm..diganti dgn yg lebih layak..jaket…??..yakin mau pakai tu jaket?..mending jgn deh..kalo nggak siap mental..ya nggak brader

  5. satria_bajahitam berkata:

    stnk p180 ug4 1 bulan,trus p135 hampir 2 bulan,kalo masalah helm sama jaket sih gimana dealer,mungkin yg bersangkutan mending itu semua terpenuhi trus di kasih motor kualitas jelek dan tekhnologi jaman kuda gigit besi no problem. Piss

  6. okslah… Saya memang awam tentang surat menyurat alias STNK dari si Pulsar ini, aseli ga engeh bisa lama begitu…. Tapi saya pikir PRJ itu adalah promosi yang bisa dipercaya, ternyata pasca PRJ si sales malah mengundurkan diri dan nomor kantor BAS ga bisa dihubungi alias telponnya ga jelas, tanya sono sini … Ya baru hari ini saya dapet kejelasan setelah tahu nomor ESIA dari BAS tersebut setelah hunting beberapa dealer, tulisan saya berawal dari tidak terurusnya motor saya, krn saya hanya kuli, 18,6 juta buat saya bukan uang kecil. Jadi saya memang ga siap mental Gan, maklum kuli bukan juragan..

    • saya tidak menembak siapapun dalam tulisan ini. fenomena seperti yang njenengan alami sebenernya banyak di forum online macam kaskus. akhirnya saya tergelitik nulis ini karna ada rasa sedih, kenapa sedih, ya seperti yang njenengan bilang, sales bilang 3 minggu kenapa realisasinya bisa dua bulan? kenapa gak sekalian dibilang 2 bulan…

      btw, gak harus jadi juragan untuk punya mental kuat..
      hehehehe…

    • ya itu lah mas risiko beli Pulsar, saya ndak mbela BAI atau dealer ya. cuma kasian aja liat temen2 yang punya motor Pulsar ngeluh ini itu dan akhirnya ada yang sampe bener2 kecewa.

      Paling tidak dengan tulisan ini, orang akan berpikir 100 kali lebih keras untuk beli Pulsar atau gak.

  7. jadul berkata:

    pada prinsipnya aku puas beli p180…yang bikin kecewa baru serpis 3 kali eee dilernya dah tutup…tolong yang tau diler solo pindah mana..

  8. Red Bikerz berkata:

    thx to Internet, ane dulu sebelum beli Pulsar banyak baca2 masalah yang bakalan dihadapi, sampai saya hapalin step2nya sebelum ambil pulsar (thx to benny the great), trus saya hapal subtitusi parts-nya.. jadi ane udah siap sebelum beli..

    kalau masalah spare-part susah.. hmmm.. kalau dibandingin sama bebek sih ya jauh, tapi coba bandingin sama2 motor sport.. thunder 250 misalnya? sama aja susahnya

    Ane dapat hadiah langsung helm dari dealer, hmmm.. jelek bgt helmnya jadi ane males make, saya taruh digudang buat cadangan kalau2 ada temen yg mau pinjem helm kasih aja hehehe..

    Tapi bagus juga akhir2 ini lagi rame protes ke BAI, biar mereka serius jualan di Indonesia, kita kan pasarnya gede.. ya harus di kasih pelayanan extra donks, at least parts-nya dijamin..

    usul aja buat BAI mudah2an dibaca sama mereka, untuk Sparepart.. mending dibikin semacam online shop, jadi pemilik pulsar selain bisa pesan lewat dealer, juga bisa pesan lewat Internet, jadi kan gampang kalau mau pesan tinggal klak-klik aja, transf duit beres.. tinggal tunggu aja 1-2 hari..

  9. chazzy13 berkata:

    Bajaj yang sekarang emang udah berubah….gak sebagus dulu…MAKIN PARAH!!!
    Tapi untuk Pulsar nya sendiri sih ane puas banget…mongtor mangstaf inih (^_^)/

  10. alhamdulilah justru karna pulsar temen2ku jd bnyk…dan selama ini satu2nya motor yg lakiku pake g ada masalah serius,dan sparepart d dealer purwakarta alhamdulilah masih memenuhi karna mungkin dealernya sendiri pny stock yg baik.

  11. Ryohatake berkata:

    wah kayaknya kalo STNK itu tergantung samsatnya juga masbro, ane beli pzzo di tangerang di janjiin 1 bulan selesai, ternyata 3 minggu udah kelar :D:D
    kalo hadiah kaya jaket, helm, sarung tangan emang sih agak telat2 dikit, tapi begitu barang udah ada di dealer langsung ditelpon deh ane, overall puas deh (sampai saat ini :D:D)

  12. RGoh berkata:

    setujuuuu😀
    dlu juga saya gak bgitu berharap dengan helm jaket dll……hehe,yang saya tunggu motornya^^ si blujager 200cc stnk sbulan lebih….tapi dari awal juga pake plat palsu n surat jalan gak pernah msalah walo ada razia (polis tau mtor baru stnk lum terbit)
    hmm…emang klemahan fatal ya sparepart, substitusi baru untuk part2 tertentu….
    kalau msalah servis…standar paling cuma bersih2 karbu,bersihin filter,stel klep…..bengkel2 biasa juga bisa (udah coba iseng kbengkel biasa)

  13. dewo berkata:

    Dulu gw pernah punya motor unik dan sebelas dua belas lah sama yg dibicarain disini. Intinya, kalo ga mau repot ya jgn beli yg unik, beli aja yg umum dan gampang.. *kayak gw sekarang* hehehe…

  14. Numpan comment oom ade,
    Gw stuju ma judulnya. Krn kalo mo beli pulsar hrs siap2 mental. Selain yg disebutkan diatas, jg hrs siap mental latihan fitnes tambahan xixixi
    Tp sius-nya nih emg sbaiknya sblm beli pulsar hrs dah berketetapan hati, krn kalo dah gtu smua kekurangan yg didpt bs diatasi. Tp kalo msh labil tp dah ngebet pingin motor batangan silahkan motor sjuta umat, soalnya kalo ada yg diimport jg gak jauh cuma dr thailand :cmiiw:😀

  15. tiap diler mungkin kasusnya beda dan pelayanannya juga

    ane beli ug IV stnk jadi 15 hari, dapat helm dan dapet jaket turing lagi😛

    emang harus bermental baja klo beli pulsar…wkwkwkwkwk

  16. chepix hollow berkata:

    Ane stnk jadi 1bln. Setelah make pzzo ane gak kecewa sedikitpun ama mongstornya. cuman emang sparepart agak susah, cari karet peredam getar buat baut aja gak ada, katanya barang murah tapi mahal ngirimnya. yah akhirnya ane bikin sendiri pake kertas dibentuk2 trus diblibet pake lakban :hammer

  17. satria_bajahitam berkata:

    saya ug4 cepet cuma 9 hari,tp kalo pies karna inden ke 4 waktu peluncurannya jadi agak lama sekitar 1 bulanan,yah inilah kekurangannya produk bagus tapi pelayanannya kurang bagus.

  18. Satu bulan yang lalu beli PZZO, gak seperti yang dikeluhkan, ternyata pelayanannya lumayan, STNK ijanjiin 3 minggu, jadinya 3 minggu plus sehari, dapet jaket kulit keren, Helm? lumayan dapet helm half face merk Patrol.
    Baca2 di forum kalau pzzo banyak masalan, ternyata sampai km 1.000 belum nemui masalah seperti yang dibicarakan di forum.
    puas dah beli Pulsar.

  19. ikhsan berkata:

    KALO GW SIH DI BERIKAN SRVICE MEMUASKAN SM DEALER BAJAJ. dari pertama jual tambah buat DP motor lama ane yg d jual lewat pihak sales bajaj. kedua, dia ga pelit info buat tanya2 mesin. ketiga dia bela2 in antar jemput stnk gw yang kelar cuma 2 minggu….
    sooo.. jgn under dulu….
    gw yakin, makin ke sini pelayanan pun d tingkatkan..

  20. pake pulsar 180 ug 4 ane puas banget dah mau 2 taun ga ada masalah, spare part mudah dapetnya, kalau masalah stnk, tergantung dealer,tp dari semua mtr yang pernah dijajal, pulsar paling enak buat harian.bravo brotherhood solidarity.(krisna BIG 095)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s