.:DO and DON’T Perabotan Lenong:.


Kenapa perabotan lenong? Karena banyak orang nyebut kayak gitu, jadi, ikutin aja bahasanya. Trus kenapa disebut perabotan lenong? Kalo ini gw kagak tau jawabannya, jadi tanya aja ama yang ngasih julukan, oke? Trus kapan di bahasnya? Lha ini mau dibahas, kenapa ente nanya mulu? Rempong deh booo ….

Kita semua pasti pernah ngeliat motor yang pake box (baik top maupun side), windshield, lampu tembak/kabut, sirine, strobo, dan rotator. Yup, tampilan motor kayak gini lumayan banyak berkeliaran di jalanan ibu kota. Nah, tambahan-tambahan itulah yang disebut perabotan lenong.

Motor yang lumayan komplit "perabotan lenongnye". Pinjem poto Rial, hehehe..

Biasanya perabotan lenong seperti ini yang mengaplikasi adalah temen-temen club atau komunitas. Namun ada juga yang bukan anggota club atau komunitas juga menggunakannya. Tentu banyak alasan kenapa seseorang itu mengaplikasikan perabotan ini ke motornya. Dari yang masalah safety, bagasi tambahan, sampai gaya-gayaan.

Tapi, boleh gak sih make perabotan itu? Boleh, asal yang gak melanggar. Trus apa aja yang gak melanggar? Banyak dan motor-motor ente tetep bisa gagah. Nah, coba kita urut aja yuk mana yang boleh ama mana yang kagak.

Pertama, kita list dulu perabotan lenong yang umumnya nempel. Dari box (baik top maupun side), windshield, lampu tembak/kabut, sirine, strobo, dan rotator.

Kedua, kita bikin list DO and DON’T trus masukin deh perabotan yang tadi udah kita list. Nah, berikut ini gw kasih list DO and DON’T menurut gw berikut alasannya.

DO:

  • Box (top dan side). Perabotan ini merupakan bagasi tambahan terutama bagi motor-motor batangan yang memang tidak memiliki bagasi yang mumpuni buat nyimpen barang. Penambahan bagasi ini pun tidak melanggar UU, jadi silahkan saja. Tapi ingat, kalo udah pake, perhatikan cara berkendara karna dimensi motor udah bertambah, apalagi kalo full box (top ama side box).
  • Windshield. Perabotan ini berfungsi sebagai pemanis sekaligus penangkal angin, bukan petir. Kalo motor pake perabotan ini bakalan keliatan gagah trus angin juga gak langsung kena badan. Manfaat laennya, kalo abis ujan, cepretan dari kendaraan di depan gak kena baju. Nah, di UU pun perabotan satu ini gak dilarang, jadi sah-sah saja.
  • Lampu tembak/kabut. Perabotan ini berfungsi untuk membantu penerangan ketika kita berada di lokasi yang kurang penerangan ketika malam hari. Apalagi buat yang demen turing + menyusuri hutan belantara, perabotan ini pas dah. Tapi musti inget, bijaksana dalam menggunakan, jangan sampe membuat orang laen silau. Nah, di UU kalo gak salah ada kok pasal yang memperbolehkan penambahan lampu ini, so, sah-sah saja.

DON’T:

  • Strobo dan rotator. Yup, kedua perabotan tersebut merupakan barang “haram” di kendaraan sipil. Memang membantu kita ketika berkendara di malam hari karna kita menjadi lebih terlihat, tapi sayangnya UU melarang pemasangannya. Nah, masang aja kagak boleh, apalagi nyalain.
  • Sirine. Perabotan ini pun barang “haram” di kendaraan sipil. Fungsinya buat apa juga gak jelas, minta jalan? Mang ente sape minta prioritas. Membelah kemacetan? Mang ente sape minta prioritas. Lagi turing? Mang ente sape minta prioritas. Inget, di UU udah jelas larangannya, yah sama kayak strobo ama rotator, masang aja kagak boleh apalagi nyalain.

Monggo yang mau nambahin list nya..

10 thoughts on “.:DO and DON’T Perabotan Lenong:.

  1. gunawanspurs berkata:

    ampun om Hansip jgn dipentung, motor sy masih ada 1 don’t nya, strobo, tp kecil sih om cma yg 30 rb perak & gak pernah dinyalakan d dlm kota (norak kalee), cma klo keluar kota aja klo lg jd RC, biar lebih kelihatan dari arah lalin berlawanan saat jalan malam, sbg pembuka jalan d depan rombongan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s