RaouL Serpis Besar Part II


Kalau melihat judul sih, kayaknya si RaouL di operasi lagi, tapi sebenernya kagak, ini adalah lanjutan dari tulisan yang sebelumnya. Cek ini ya… https://adecahyapurnama.wordpress.com/2011/01/10/raoul-serpis-besar/

Nah, kita mulai ya…

Pertama, soal oli. Ternyata benar, itu emang bukan rembesan, jadi bisa dikatakan, perfect, rapi jail kerjanya si Naldy. Oli hanya rembes ditempat yang sedari lama udah rembes, , di bagian perseneleng kaca intip oli, ama selang dari blok crankcase ke box filter.

Kedua, ada permasalahan bunyi yang “aneh” dibagian kanan mesin. Nah, ini yang mengusik selama gw jalan bareng RaouL. Kenapa? Gw sms Naldy gak ada balesan. Minggu pertama setelah serpis besar akhirnya berlalu begitu saja. Kenapa? Karna gw cuma dateng ke Kori dan tanya mas Muji, dan dia bilang bisa jadi rumah kopling yang bermasalah. Awalnya minta bongkar, tapi ternyata konci yang buat buka rumah kopling patah, tuhkan, gak ada hasil. Yaudah akhirnya cuma benerin klakson di Setiawan Horn ama ditraktir makan sama kaka’ buncis, hehehehe…. Minggu kedua pun sepertinya tidak ada harapan, karna SMS gw gak dibales Naldy. Tapi ternyata bukan gw aja yang susah menghubungi Naldy, si mpiet ternyata juga gak bisa telepon dia, bukan karna gak diangkat, karna teleponnya gak bisa dihubungi. Oh, berarti yang bermasalah adalah HP-nya. Okeh, gapapa….

Karna masih penasaran, pas gw pulang ke rumah Ibu tercinta di Rawa Buaya, Cengkareng, gw menyempatkan diri mampir di XO MotoShop, sapa tau bisa nanya Bejo sang mekanik. Setelah starter motor, akhirnya disimpulkan bahwa bisa jadi Balancer bermasalah (lagi?) dan (yak) rumah kopling juga ikut bermasalah.

Tapi tunggu dulu, ini bukan kesalahan mekanik pertama alias abang Naldy, kenapa? Okeh, Balancer, ini adalah kanibalan dari dua balancer yang dah rusak. Mentang-mentang satu sisi gigi plastiknya masih oke, maen gw kanibal aja, padahal sisi yang gak rompal udah ada bekas cekungan kecil, yang kemungkinan usianya gak lama. Dan gw juga inget, kata bang Naldy, umur nih Balancer jangan diharapin lama. Sip, diterima.

gigi balancer yang dikanibal

Soal rumah kopling, ada kemungkinan masih oblak, lho kok bisa? Biasanya, kebanyakan mekanik itu mantek rumah kopling cuma dipantek doang tanpa ada yang dibubut dudukannya. Emang gak oblak muter, tapi dia oblak kiri kanan. Nah, untuk yang ini, harus mbongkar blok kanan. Berhubung lom ada duit buat beli Balancer (sekalian ganti aja biar bener2 mak nyussss…), ya ditunda dulu deh bongkar RaouL-nya.

semoga rumah kopling tidak bermasalah

Nah, pertanyaannya, bunyi apa sih? Jadi gini, kalo motor langsam dan dibleyer, gak ada bunyi yang aneh di blok kanan, tapiiiiiii… begitu di masukin gigi dan lepas kopling, ada bunyi sesuatu kendor gitu. Karna mas Bejo dah gw kasih tau dalemannya, jadi prediksi dia ya Balancer yang emang kanibalan dan bisa juga karna kondisi pantekan rumah kopling seperti yang di atas.

Okeh, sekarang soal performa (apa peforma ya?). Ketika serpis besar, gw juga melakukan polish untuk saluran in dan ex (polish doang, gak berani porting) . Overall oke, enak lah, tenaga juga okeh, dan napas motor jadi lumayan panjang (kalo ini gak tau ngaruh karna polish apa kagak). Bahkan konsumsi BBM bisa dibilang sama kayak sebelumnnya (sebelum polish), artinya jangan takut untuk melakukan polish. Cumaaaaaaaaaaa… ada satu kendala, gw belom nemu settinga karbu yang pas (padahal stel Pilot Screw doang, sok gaya ah…). Padahal dulu gampang nemu setingan yang pas.

Jadi, bawahnya itu kayak kebanjiran, tapi atasnya kering walau gak kerontang. Apa harus turun PJ yah? Ah, sudah lah, yang penting masih enak, tar aja deh. Yang penting RaouL sudah oke. So, buat temen-temen yang penasaran, ini adalah bagian kedua dari apa yang ditunggu. Semoga bagian ketiga akan segera meluncur (tergantung punya duit buat ganti Balancer apa kagak).

Oh, iya, serpis motor di bang Naldy secara keseluruhan, mantab, okeh, dan memuaskan. Tunggu kelanjutannya…. Kapan? Tunggu aja, hehehehehe….

to be continue lagi…

2 thoughts on “RaouL Serpis Besar Part II

  1. kesimpulannya suara aneh itu sumbernya dari mana ya om? soale sigambot p200 ane juga ada suara-suara aneh kalau mesin udah panas,
    kalau menurut mas wawan ( mekanik fontana gunsa ) suara aneh tsb dari pipa bagian dalam knalpot yang kemungkinan robek

    keep brotherhood,

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s