Himbauan Agar Tidak Menggunakan Sepeda Motor Ketika Mudik


Belum reda masalah wacana pelarangan sepeda motor di jalan protokol, kini ada lagi himbauan, ya cuma himbauan sih, agar tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik lebaran. Begitu di runut, alasan himbauan ini adalah karena angka kecelakaan lalu lintas sebagian besar melibatkan sepeda motor.

Mudik dengan sepeda motor (dari Kompas.com)

Ditambah lagi ada larangan dari Gubernur DKI, Fauzi Bowo. Isinya adalah melarang ibu-ibu dan anak kecil dibonceng dengan sepeda motor untuk mudik lebaran. “Jika memang ingin mudik dengan sepeda motor, sebaiknya suami atau bapaknya saja. Istri dan anaknya harus naik mobil, bus, atau angkutan lainnya yang lebih aman,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo(*).

Muatan yang berlebihan (dari kolomkita.detik.com)

Yup, pelarangan ini biasanya selalu didasarkan pada keselamatan, keselamatan, dan keselamatan. Lalu timbul pertanyaan, memangnya kalo mudik pake mobil gak bisa kecelakaan? Tentu saja bisa. Lalu, apa yang sebenarnya menjadi permasalahan? Tentu jawabannya mudah, sang pengendara. Apapun kendaraan yang digunakan, bila sang pengendara ugal-ugalan atau tidak mengindahkan peraturan lalu lintas, maka yang ada ya kecelakaan. Jadi jangan disangkut pautkan keselamatan dengan jenis kendaraan.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan pemerintah? Berikan penyuluhan kepada para pengendara motor, tentu hal ini dilakukan dengan harapan agar kesadaran masyarakat tentang berkendara semakin besar, dengan demikian, angka kecelakaan di jalan bisa berkurang.

Selain itu, pemerintah juga bisa memakai solusi lain, yaitu pengadaan transportasi murah agar masyarakat yang ingin mudik bisa mudik tanpa harus naek motor yang katanya berbahaya. Karena mudik bukan cuma milik mereka yang berduit.

(*) dikutip dari: http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/3/783/mudik_pakai_sepeda_motor_hmmm…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s