Coaching Clinic


coaching clinic, yap, minggu tanggal 21 Maret 2010 kemarin, PRIDES chapter Bekasi ngadain coaching clinic dengan instruktur sodara Ganjar…

di acara ini, kita belajar bareng-bareng gimana serpis ringan buat motor kita sendiri-sendiri. serpis ringan ini cuma sekitar bersiin karburator sama saringan udara.

nah, sapa aja yang dateng? alhamdulillah banyak:

  1. bAdcOp
  2. Encis
  3. Cyber M
  4. Ganjar
  5. Black Shadow
  6. Sarrah
  7. Billi the Kid
  8. Eka
  9. Sikasep
  10. Kisamechan


ini nih para “srigala” kelaperan yang maren dateng. untung adiknya anggun gak ada, kalo ada, berabe deh.

ke, kali ini yang kita lakuin bongkar karbu dulu, alat-alat yang dibutuhin:

  1. Kunci 12
  2. Kunci 8
  3. Obeng minus
  4. Baskom atau mangkok
  5. Kuas


alatnya perwakilan aja ya…

oke sekarang, kita jarah karbunya…


kran bensin pindah ke posisi off dan cabut selang bensin.


lepas tangki.


lepas kabel indikator bensin baru angkat tangki.


lepas kabel tricks


lepas karburator

step ini adalah step paling susah, jadi butuh kesabaran, ketelitian, dan ketabahan. hehehehe…

kalo karbu udah berhasil dilepas, baru deh kita bersiin. tapi yang dibuak bagian bawah aja ya (mangkok), yang atas, kalo gak yakin jangan. soalnya di situ ada karet membran yang sentitit, eh… sensitip.

step buka karbu:

buka mangkok karbu.


karet seal jangan sampe keluar jalur.


buka MJ pake kunci ring 8 (MJ standar 115).


buka PJ pake obeng min kecil (PJ standar 17,5).

setelah semua dibuka, bersihin deh. setelah bersih, nih hasilnya:


karbu akhirnya bersih.

nah, abis itu, rangkai kembali bagian-bagian karburator menjadi satu, trus pasang deh ke motor. langkah-langkahnya? dibalik aja…

jangan lupa bersiin saringan udara. untuk buka saringan udara, cukup pake kunci shock 8.

kalo yang sponge, cuci pake sabun colek atau sabun cuci piring, jangan pake bensin. trus angin-anginin deh, jangan disemprot kompresor ya… (mangap gak ada putu). kalo saringan udara after market, sesuaikan dengan petunjuknya.

setelah karbu dan saringan udara terpasang di motor, stel pilot screw sesuai setingan motor, dan motor siap diajak cruising lagi…

semoga bermanfaat…

4 thoughts on “Coaching Clinic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s